Pesan error yang sering muncul

446 views

Kadang kala blog atau web tidak bisa diakses, dan muncul pesan kesalahan yang menunjukkan nomor kode kesalahan yang langsung terlihat pada saat Anda membuka situs web. Berikut ini adalah penjelasan dan gambaran umum sehingga Anda dapat melakukan langkah-langkah penanggulangan sebagaimana mestinya.

HTTP Error 404 – Not Found

Ada dua penyebab munculnya pesan kesalahan ini, yaitu:

  • Halaman yang ingin Anda buka tidak ditemukan/ tidak pada path yang benar atau belum Anda upload. Coba memeriksa apakah link yang tertera dalam situs web sudah tepat, dan halaman yang dituju oleh link tersebut telah berada di lokasi semestinya.
  • Adanya kesalahan dalam fungsi SEF/SEO (search engine friendly) pada aplikasi Anda. Jika situs web Anda menggunakan aplikasi Content Management System (CMS) gratis seperti Joomla, ada beberapa fungsi khusus yang harus dijalankan di dalam aplikasi tersebut untuk menghasilkan alamat situs web yang “Search Engine Friendly URL” atau ramah terhadap mesin pencari. Caranya adalah dengan menggunakan file .htaccess. Kesalahan muncul ketika file .htaccess ini memiliki kesalahan dalam isinya, atau isi file .htaccess tidak dimengerti oleh server  sehingga tidak dapat diproses dan memunculkan pesan kesalahan diatas.

HTTP Error 403 Forbidden

Muncul error seperti diatas paling sering terjadi disebabkan oleh permission pada folder/file yang dituju tidak membolehkan untuk dilihat oleh publik. Apabila Anda ingin mengijinkan publik untuk mengakses folder/file tersebut silahkan set permissionnya menjadi 755 atau 644.

HTTP Error – Bad Gateway

Pesan kesalahan ini terjadi ketika salah satu server yang terlibat dalam proses akses kesitus web yang sedang Anda tuju mengalami masalah. Hal ini umumnya tidak disebabkan oleh program di sisi pengunjung, melainkan disisi aplikasi / script di server, atau jaringan yang menuju ke server atau di sisi ISP. Meskipun penyebab masalahnya tidak terjadi di sisi Anda, kami menyarankan agar Anda melakukan hal-hal berikut:

  • Mencoba untuk mengulangi akses ke situs web anda dengan merefresh, atau mengetik alamat langsung. Anda dapat mencoba mengakses situs web Anda  beberapa saat lagi.
  •  Sabar saja sebentar, karena yang mengalami masalah mungkin bukan Anda sendiri, dan pihak ISP atau perusahaan webhosting sudah mengetahui masalah ini dan saat ini sedang berusaha mengatasinya
  • Jika error di atas terjadi pada saat Anda mencoba script cgi/perl/php, silahkan periksa kembali sintaks-sintaks script tersebut. Menurut pengalaman kami, script-script cgi/perl/php yang memiliki kesalahan sintaks juga dapat menghasilkan pesan error seperti diatas pada saat di eksekusi.

HTTP Error 500 – Internal Server Error

Hal ini seperti diatas paling sering disebabkan kesalahan pada perintah-perintah di file .htaccess. Jadi coba cek kembali perintah-perintah yang Anda masukkan.

 

HTTP Error 503 – Service Unavailable

Pesan kesalahan ini mengisyaratkan bahwa server web tempat situs Anda berada saat ini tidak dapat menangani permintaan HTTP dari browser karena proses di server telah melebihi batas kapasitas yang ditentukan (atau sedang kelebihan beban).