Kamus Web Hosting

280 views

Dedicated Server
Satu  website  bisnis  yang  memerlukan  software  khusus  dan bandwidth  besar  akan  menggunakan  dedicated  server.
Perusahaan  penyedia  web  hosting  biasanya  akan  meminjamkan sebuah  komputer  (termasuk  web  server,  software  terkait,  dan koneksi ke  internet)  untuk  digunakan  secara  eksklusif  oleh  satu website bisnis yang memerlukan disk space besar.

Bandwidth
Dalam definisinya, bandwidth bisa disebut data transfer. Artinya adalah penghitungan saat data dari hosting Anda dan sampai ke client. Satuan perhitungan bandwidth biasanya didasarkan pada Megabytes atau Gigabytes

Disk Space
Jumlah  simpanan  (storage) yang dibutuhkan oleh website Anda (termasuk  untuk  grafik  dan  video).  Makin  besar  webpage maupun  gambar  yang  digunakan  pada  website  Anda,   makin banyak disk space yang Anda perlukan.

DNS (Domain Name Server)
Mesin  yang menerjemahkan  nama  domain internet ,  seperti  www.google.com  ke internet  protocol  (IP) dengan  alamat  berupa nomor seperti misalnya: 216.239.51.100.

Domain
Definisi alamat  di  internet, yang  juga merujuk ke  sebuah  negara  dimana  situs  web  tersebut digunakan. Misalnya  “co.id”  untuk  Indonesia. Sedangkan  “co”  atau  “com”  digunakan  untuk lembaga  komersial  dan  “net”  untuk  lembaga yang berhubungan dengan internet.

E-Commerce /  Ecommerce (Electronic Commerce)
Membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.

E-mail /  Email (Electronic Mail)
Surat  menyurat  melalui  internet.  Para pengguna  dapat  saling  bertukar  informasi. Informasi  tersebut  akan  dikumpulkan dalam  sebuah  file  untuk  pengalamatan yang  berup  mailbox,  sehingga  pengguna dapat  membaca  informasi  yang  ditujukan kepadanya kapan saja.

Email Forwarding
Surat elektronik (e-mail) yang awalnya ditujukan kepada  beberapa alamat e-mail, tetapi  diarahkan ke satu alamat  e-mail tertentu.

File Transfer Protocol (FTP)
Cara yang  paling  umum untuk  memindahkan files antar komputer, server,   dan  situs-situs  internet. Fire Wall Hardware atau software yang berfungsi  untuk memisahkan sebuah LAN {Local Area Network) menjadi dua bagian atau lebih, demi kepentingan keamanan.

FrontPage Extensions
Script  dan program  tambahan  untuk Microsoft FrontPage supaya pembuatan website lebih optimal.

FTP (File Transfer Protocol)
Suatu  cara  untuk  mentransfer  file,  seperti halaman web, di internet. Khususnya digunakan untuk  meng-upload  halaman  web  dan  gambar
ke host server.  Server  kemudian  mengir imkan  halaman-halaman  yang  diminta  kepada  user  melalui internet.

FTP server
Komputer di internet yang menyimpan semua file yang akan ditransmisikan oleh FTP.

Hit
Permintaan untuk sebuah file,  seperti HTML, image,  audio,  atau  file  lainnya  dari webserver .  Untuk  me load  sebuah  halaman dengan  5  buah  graphics dihitung  sebagai  6  hit , 1  untuk  halaman ditambah, 1 untuk setiap graphic tersebut. Hit bukanlah ukuran yang tepat  untuk menentukan suatu traffic  sebuah website.

HTML (Hypertext Markup Language)
Bahasa yang digunakan untuk menulis webpage dHTML  sebuah  halaman web  biasanya  ditambah dengan akhiran .htm, .html, atau .shtm

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Protocol  yang  digunakan  oleh  webserver untuk mengirim  dan  menerima  informasi. Digunakan  juga untuk menukar teks, gambar, grafik,  suara,  video,  dan  file  multimedia lainnya  di  web.  Semua  URL  halaman  web
diawali  dengan  “http”,  meskipun penggunaannya bersifat bebas-pilih.
HTTPS (Secure Hypertext Transfer Protocol)
Tambahan  keamanan  dari  HTTP.  Program ini melindungi encrypts dan decripts permintaan  dari  halaman  web.  Setiap  kali kita membayar  barang yang kita beli dengan kartu  kredit  di  internet,  HTTPS  akan melindungi rincian kartu kredit kita.

ICANN  (Internet  Corporation  for  Assigned  Names  and
Numbers)

ICANN  < http:/ / www.icann.org >  adalah  badan  hukum  swasta  non-profit  yang  bertanggung-jawab untuk mengeluarkan  IP address  dan  sistem manajemen  nama domain  (.com,  .net dan  .org).

IMAP – Internet Message Access Protocol
Protokol untuk mengambil e-mail dari sebuah mail server Internet Sistem komputer global yang dihubungkan secara bersamaan untuk saling berkomunikasi.

Internet Service Provider (ISP)
Perusahaan  yang  kita  panggil  dari  komputer  kita  untuk mendapatkan akses ke internet.

IP Address
Nomor  unik  yang  terdiri  dari  4  bagian  yang dipisahkan  oleh  titik.  Contoh:  168.105.244.5. Setiap  mesin  di  internet  memiliki  IP  address
yang unik.

MySQL
Sistem   manajemen  database  sebagai   bahasa   yang   umum  digunakan   untuk   menambah,   mengakses dan   memproses data dalam sebuah database.

POP – Post Office Protocol
Protokol yang digunakan  untuk mengambil e-mail dengan  e-mail client  seperti  Microsoft  Outlook  (Express),  MS  Mail  ,  dan sebagainya.

POP3
Protokol  POP  versi  3  yang memungkinkan  Anda menggunakan alamat  e-mail yang berbeda-beda di dalam satu domain  (misalnya: info@, support@, sales@ dll.) diarahkan ke satu inbox.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Protokol yang digunakan untuk mengirim dan  menerima email melalui Internet.

SQL (Structured Query Languages)
Bahasa  pemrograman  untuk  mengambil  dan memperbaharui  informasi  ke  dan  dari  suatu database.

SSL (Secure Sockets Layer)
Sebuah  protocol  yang  digunakan  untuk mengatur  keamanan  pengiriman  dokumen pribadi  atau  rahasia  melalui  internet .  SSL menggunakan  sistem  cryptographic  yang menggunakan dua  ‘kunci’ untuk meng-encrypt data  (proses  pengubahan  teks menjadi  sebuah  kode)  -satu  kunci  umum yang  diketahui  banyak  orang  dan  satu  lagi adalah kunci rahasia yang hanya diketahui oleh penerima  pesan-.  Banyak  website menggunakan  protocol  tersebut  untuk mendapatkan  informasi  rahasia  pengguna, seperti  nomor  kartu  kredit.  Sesuai  dengan aturannya,  URL  yang  menggunakan  koneksi
SSL,  dimulai  dengan  “https”  (bukannya “http”).

Subdomain
Jenis domain name yang merupakan subbagian (kecil ) dari domain name  induk  (besar) misalnya  sub.domain.com,  sub1.domain.com, sub2.domain

Uniform Resource Locator (URL)
Alamat  dari  sebuah  situs  di  World  Wide  Web.
Contoh  URL:  http:/ / www.hostguin.com/client/index.html.
Kepanjangan dari http  adalah   hypertext  transfer protocol ;  :// adalah  tanda permulaan  sebuah  address;  www.hostguin.com adalah  nama domain; client adalah direktori; dan  index.html adalah nama untuk file HTML.

Unique / Unique Visitor
Pengunjung  dengan  alamat   IP  yang   khas;   yang   mengunjungi website kita  dalam  kurun waktu tertentu;  biasanya satu bulan.
Unique User
Pengunjung  unik  yang  datang  ke  website  kita.  Indikator  yang cukup baik untuk mengetahui traffic situs kita.

Upload
memindahkan  sebuah  file  dari  komputer  kita  ke  komputer  lain (internet).
Uptime
Waktu  ketika  sebuah  website  dapat  online  atau  lamanya  satu website diakses.

URL Direction
Suatu   proses   mengalihkan   pengguna   ke   URL   yang berbeda  secara  otomatis,  tanpa campur tangan dari pengguna.